Wednesday, October 13, 2004

Box and Circle

Berapa hari ini aku kepikiran banyak sekali soal menikah dan kehidupan dalam pernikahan. Pemicunya dari cerita seorang sahabat yang usia pernikahannya masih sangat muda, 4 bulanan. Sebenarnya bukan dia yang pertama bercerita seperti itu, aku sudah mendengar lumayan banyak cerita orang-orang yang aku kenal tentang pernikahan mereka. Yang paling dominan dari cerita yang usia pernikahannya masih muda itu adalah masa-masa terberat saat penyesuaian.

Memang cerita itu tidak pernah menyurutkan niatku untuk menikah atau jadi takut menikah, malah semangat pingin nikah:) semoga tidak terdengar sombong..but i take it as challange :)
Ngga tau deh, aku yakin aja kalau pernikahan ku akan berbeda dengan mereka, dan tidak akan berakhir seperti mereka, divorce misalnya.

Aku rasa aku bisa yakin begitu sebelumnya karena aku mikirnya : "ah kalau saling cinta, pasti bisalah semuanya". Tapi kalau dilihat-lihat lagi nggak bisa juga cuma begitu. Yes cinta itu pasti akan membantu banget, tapi kalau terlalu banyak masalah, bukan cinta yang akan nolong, tapi cinta itu yang malah akan terkikis sedikit demi sedikit.'

Someone said : namanya udah perbedaan..- beda- tidak sama- harfiahnya pasti lain lah mirip kotak dan lingkaran, dan semua orang meributkan gimana cara nyatuin kotak dan lingkaran tadi
wah, ini sampai kiamat gak akan ketemu
Kenapa tidak saling berbesar hati saja? si lingkaran yang mengecil sehingga bisa masuk kedalam kotak, atau si kotak yang mengecil jadi bisa masuk ke lingkaran.

Memang nggak mungkin sih yang namanya perbedaan disatuin, tapi kalau dari awal saling tahu perbedaannya dan ngalamin beberapa perbedaan itu sama-sama mungkin ngga akan jadi masalah besar pas udah benar-benar hidup satu rumah dan harus ambil keputusan untuk sama-sama.'Yes pasti akan ada pengorbanan, itu jelas banget, pasti banget. Tapi masalahnya begini, terima ngga' terima, suka ngga suka, yang namanya 'itung2an' itu pasti bakal terjadi.

Misalnya ada yang lagi iseng nulis list perbedaan dia sama pasangannya, dan hasilnya begini:'.
1. dia : hobi banget dugem, tiap malem maunya ke kafe,
aku : gak hobi banget dugem, pinginnya selalu sama-sama di rumah aja.

2. dia : gak suka aku pake baju macem2, pinginnya pakai baju panjang islami gitu
aku : lebih suka pakaian yang ikut trend mode.

3. dia : kalau tidur harus matiin lampu
aku : gak bisa tidur kalau lampu mati, gak nyaman kalau gelap.

Misalnya listnya begitu, trus gimana nih list pertama? si dia yang harus ngilangin kebiasaan dugemnya? atau si aku yang harus ikut si dia kelayapan malem-malem? option "a" atau "b" pasti ada yang gak happy kan ?.
atau si dia yang harus ngurangin dugemnya jadi sekali-sekali dan si aku nemenin ( ini solusi ideal kelihatannya).
Tp gimana kalau karena itu udah habit banget si dia, jd gak bisa dikurangi ? celaka kan? harus si aku yang ngalah tapi si aku pasti ngga' happy.

Taruhlah point 1 list itu si dia yang ngalah, point ke dua dia juga yang ngalah, point 3 dia juga yang ngalah, trus kalau ada satu lagi perbedaan, pasti deh si dia itu bakal mikir :'kok aku terus yang harus ngalah?'.atau harus selalu score-nya sama? si aku mikir : ya udah deh kali ini aku ngalah, kan dia udah 2 kali tuh ngalah' kalau ada perbedaan lagi bisa aja si aku bilang : aku kan udah ngalah yang kemarin, kali ini kamu deh yang ngalah!' Susah dong harus itung-itungan terus gitu'. Tapi kalau gak itung-itungan pasti ngerasa nggak happy
juga...'.

Aku ngeliat nggak selalu semua masalah ada jalan tengahnya, kadang-kadang pilihannya biner : iya atau tidak, nggak bisa di mix sama sekali.

Nikah itu kan harus happy dua-duanya, nggak bisa satu orang aja yang happy demi yang lain. Nah aku bilang sih sebelum nikah harus coba dicari-cari kira-kira gimana nih pola penyelesaian masalah supaya tiap orang bisa happy.

Hmm.. kaya'nya aku perlu buat list kaya' si orang iseng itu ya, nanti kalau sudah ketemu si calon didiskuskan sebelum nikah:) Gimana?? :))

0 Comments:

Post a Comment

<< Home