Thursday, November 22, 2007

Challenge the Paradigm !!

Seperti aku tulis di postingan sebelumnya, dari seluruh sesi presentasi pertama tentang thesis kami yang paling aku nikmati adalah komentar dan saran-saran dari Derrick Neal. Jitu, simple, diterangkah dengan bahasa yang mudah dimengerti, dan sangat inspiratif. Salah satunya yang paling berkesan untuk aku komentar sekaligus saran yang satu ini : Challenge the Paradigm !!'.

Pertama kali Derrick komentar soal ini saat satu temanku mempresentasikan rencana thesis dia tentang pembentukan air defence posture. Di akhir temanku presentasi Derrick komentar gini :'Surjadi, if you do consulting and you start it with saying : we need this, this, this, and this. They will say : No, no, no, and no. But, let say you said to your boss : we dont need air defence!'. They probably will say : No, we need it !, and you have chance to talk more about your idea. Jadi Derrick menyarankan temenku itu untuk pertama explore apa memang Indonesia perlu ada air defence? New Zealand tidak punya air power, bahkan Yordania tidak punya dan kerjasama dengan Israel. Jadi kalau ada musuh yang menyerang yordania dari udara, israel yang akan handle itu.

Bagian lain yang menurutku bisa jadi inspirasi buatku untuk mengambil data saat Derrick memberikan komentar tentang collecting primary data untuk thesis temanku tentang efektifitas Human Right Handbook dalam operasi militer tentara di daerah konflik, misalnya di aceh. salah satu primary data temanku itu akan di dapat dari interview. Derrick bilang :'if you ask them : was that handbook effective, they probably will say : oh yes, it was.. but how valid it is?. Derrick mengusulkan untuk membuat test singkat yang isinya pertanyaan2 dari buku itu, pre-test, tanpa persiapan, untuk melihat apakah isi buku itu sudah embeded dengan mereka?'. lalu right after the test lakukan interview sehingga bisa dicross check 2 hasil itu. And it will be the powerfull primary data.

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Nggak salah deh Derrick itu emang pantes jadi dosen favorite :)'. Kalau kalian pikir dia professor dan ngomongnya pasti rumit dan ribet, you are absolutely wrong!

Untuk yang perlu pembicara tentang Change Management atau Strategic Management, believe me he is one of the best. Dia akan senang sekali pasti kalau ada yang mau undang dia disini. Dia senang sekali ke Indonesia. Januari tahun depan Derrick datang lagi, nah buat yang mau minta dia jadi pembicara, silahkan ya :)


Kemarin dia cerita, untuk tahun depan wisuda ITB bulan Juli sama dengan wisuda di Defence Academy Cranfield, UK. Dia kan Dekannya, tapi dia sudah bilang sama bos-nya kalau dia milih ke ITB :)'. dia bilang pertama karena ada associate dean-nya yang bisa wakili dia di sana, kedua karena wisuda disana boring dan di ITB lebih menarik:)'. Wisuda angkatan 1 Juli tahun lalu dia hadir. Yang paling dia berkesan adalah tempatnya yang gede, angklung dan paduan suaranya. dia bilang itu amazing sekali.

Well, see you at Sabuga on July then, sir..:)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home