Wednesday, December 05, 2007

Sepanjang Hayat di Kandung Badan

Pernah nggak di situasi makin banyak yang dibaca, yang dipelajari, makin ngerasa makin banyak yang tidak tau dan harus baca banyak lagi?'. Mungkin almost all my life aku dalam situasi itu, makanya selalu senang ketemu orang baru dan dengerin cerita mereka, selalu semangat belajar hal baru, dll. Tapi karena tidak ada tekanan waktu jadi tidak terlalu terasa. Nah sekarang tekanan waktu itu yang buat terasa sekali situasi ini.

Ya, aku bicara soal thesis-ku.
Thesis-ku akhirnya berevolusi judulnya menjadi : the role of private industry in Indonesia's defence industry development.
Selama ini banyak terms yang take it for granted, misalnya : private, industry, development,dll. Tapi untuk tulisan academic tentu harus tau jelas apa yang dimaksud dengan term2 itu. Nah, disini nih aku mulai sadar kalau aku di situasi : aku pikir aku tau, ternyata tidak!:)'. Misalnya waktu aku akan menuliskan defence industry, muncul pertanyaan : apa itu defence, apa itu industry ? apa industry sama dengan factory? mulailah mencari-cari informasinya, waktu baca informasi yang didapat itu ternyata banyak sekali definisi dan cara menjelaskan term2 itu. nah kan, bingung lagi milihnya, belum lagi muncul istilah baru misalnya industrilization, industry cluster, dll. Waduh, apalagi ini?? jadi lah mencari lagi informasinya.

Aku menikmati proses ini, tapi karena dikejar dead line, jadi lah proses yang harusnya menyenangkan buatku ini, malah buat aku lumayan stress. Akhirnya kuputuskan, at least basic definition term itu aku tau. wikipedia helpful banget untuk ini :). semua memang bisa diperdebatkan, tidak ada yang paling benar atau salah. Jadi bismillah ajalah waktu memutuskan ambil pengertian yang mana :)

Kesimpulannya sih bener tuh kalau belajar itu sepanjang hayat dikandung badan.

1 Comments:

At 3:17 PM, Anonymous Anonymous said...

Alhamdulillah, hari ini saya terima kabar ternyata saya lulus tes interview untuk Defence Mgmt Class 08. Terima kasih banget ya Inez, informasinya ngebantu banget buat persiapan wawancara sama Mr.Jarvis dan pak Bambang.

Oh ya, saya pernah kirim email, nggak tahu sampai atau tidak ya? intinya sih mau tanya kegiatan kuliah + tugas bakal full day atau tidak? coz kelihatannya saya harus nyambi juga biar dapur anak dan istri tetap ngepul :) tx Inez

 

Post a Comment

<< Home