Tuesday, January 01, 2008

Janus

Januari sebagai bulan pertama dalam kalender Masehi diambil dari nama Dewa Romawi, Janus. Dalam mitologi Romawi Janus adalah dewa penjaga gerbang (God of Gate). Dia sering disebut juga God of Beginnings.Tampilannya sering digambarkan dalam wajah bermuka dua yang menggambarkan bahwa dewa ini dapat melihat ke depan dan belakang pada saat yang sama.

Tidak semua orang mungkin tahu atau menyadari kata di balik Januari ini, namun semua gambaran akan Janus ini sudah menjelma menjadi 'ritual' yang umum dilakukan orang saat pergantian tahun menjelang. Ritual seperti membuat kaleodoskop untuk menengok kejadian setahun kebelakang dan membuat resolusi untuk dijalani di tahun depan adalah yang jamak dilakukan.

Kita memang perlu momen untuk berkontemplasi, Januari rasanya memang termasuk momen yang pas untuk itu.
Mengingat apa yang terjadi selama tahun 2007 hanya satu kalimat yang bisa mewakili : rasa syukur tak hingga. Banyak kejadian besar dalam keluargaku tahun ini ; mamaku pergi dan pulang haji dengan lancar dan selamat di awal tahun, pernikahan adikku juga berjalan lancar di tengah tahun, di akhir tahun operasi jantung keponakanku berjalan baik, dan adik bungsuku berhasil menyelesaikan kuliahnya dengan nilai A. Kuliahku sendiri alhamdulillah lancar.

Tahun 2008 tidak banyak rencanaku. Yang paling utama thesis bisa selesai bulan Maret ini, bisa jalan-jalan berempat bareng kakak dan adikku di Eropa bulan April-Mei, bisa sidang bulan Mei, bisa wisuda bulan Juli, dan dapat kerja yang baik secepatnya setelah wisuda :)'.
Hal lain : harus mulai serius lagi usaha banyak minum air putih, belakangan penyakit malas minum kambuh lagi :( dan lebih serius usaha perbaiki ibadahnya.

Selamat Tahun Baru buat semuanya... !

1 Comments:

At 2:29 PM, Anonymous Anonymous said...

*******************************


tadi saia d skul d critaiin am guru saia

tntng Dewa Janus

seyu jg iah^^

haha

emank byk yg belum saya ktahui....

saya ingin skali mmperdalaaaammm ilmu pgetahuan saia..

umr saia bru 12 th....

hehehe....

tp saia binggung mngapa saia serink malas bljr pdhal sbnar na bgi saia bljr itu enk.....

hahahahahahhahah

good luck iah semuahhh~~~

^^

o ia knpa belum ada yg kasi commen yah.. pdhl kan menarik bgt

tmn2 klo dah buka situs ini kasi donk opini klian lewad commen inihhhhhhh


ia gk?? ia dunk


hahahhahahaha


jn lupa kasii commen yh plen xmuahhhhh

ini brguna loch

whhahhwhhahah

 

Post a Comment

<< Home